Prospek Bisnis Rental Office Jakarta Masih Cerah

Efek krisis keuangan global ternyata juga menyambar bisnis rental office Jakarta. Pasar rental office Jakarta ada penurunan tetapi untuk daerah prime seperti Sudirman, Pondok Indah & Pluit stabil adanya. Rental Office Jakarta tetap stabil untuk 3 lokasi ini

Konsultan Properti Jones Lang LaSalle Anton Sitorus mengatakan, sepanjang Januari-Maret 2009 ini saja sudah terjadi penurunan penyewaan ruang perkantoran ketimbang periode yang sama pada 2008 lalu. “Perkiraan kami ada penurunan sekitar 5 persen sampai 10 persen,” katanya.

Cuma, khusus Jakarta, penurunan permintaan leased office tidak akan lebih dari 10%. Sebagai ibukota negara, pelaku bisnis masih berpandangan, kota yang dulu bernama Batavia ini memiliki peran yang sangat penting. Sehingga mereka tetap membuka kantor di Jakarta.

Akses yang gampang dan dekat dengan pemerintahan menyebabkan pelaku usaha enggan beranjak jauh-jauh dari Jakarta. Bahkan, mereka sampai rela merogoh isi kantong dalam-dalam untuk menyewa ruang kantor yang terletak di jantung kota.

Anton mengatakan, penurunan permintaan ruang perkantoran di Jakarta tidak terlalu dalam juga lantaran diimbangi oleh sejumlah perusahaan. yang akan melebarkan sayap bisnisnya pada tahun ini. Jadi kita masih untung karena, “Masih ada pertumbuhan perusahaan di sektor tertentu,” ujar Anton.

Rental Office Jakarta Pasokannya Turun

Associate Director Office Leasing Procon Indah Igam Savitri mengungkapkan, lebih dari 50 persen penyewa gedung perkantoran di Jakarta mengurungkan niatnya untuk memperluas ruangan. Industri yang paling terpengaruh krisis, seperti bank dan lembaga keuangan, bersikap menunggu dulu perkembangan situasi.

Tapi, “Secara umum bisnis penyewaan gedung masih bagus meskipun agak mundur sedikit,” kata Igam.

Sebetulnya, penurunan permintaan ruang perkantoran sudah mulai tampak pada triwulan keempat tahun lalu. Survei Bank Indonesia (BI) menunjukkan, pertumbuhan pasokan yang mencapai 125.786 meter2 tidak berbarengan dengan penambahan permintaan. Akibatnya, tingkat hunian menurun di banding triwulan sebelumnya, dari 87,68% menjadi 87,53%.

Hanya, survei BI yang sama menyebut, pasokan baru ruang perkantoran pada triwuIan pertama tahun ini akan sedikit melambat. Penyebabnya, beberapa pemilik gedung atawa landlord menunda pembangunan menara jangkung baru sampai kondisi ekonomi lebih baik.

Namun, ada sejumlah proyek pencakar langit untuk perkantoran masih berjalan dan jadwalnya selesai tahun ini. Yakni, The Plaza yang terletak di Jalan M. Thamrin, Cyber 11 dan Republic Plaza di Jalan Rasuna Said.

Walau lesu di awal tahun, bisnis penyewaan ruang perkantoran akan menggeliat mulai pertengahan 2009 nanti. “Arah bisnis ini akan tetap positif karena gedung kantor adalah salah satu kebutuhan utama perusahaan yang berekspansi,” kata Anton.

Saat ini, di kawasan central business district (CBD) yang meliputi Thamrin, Sudirman, Kuningan, dan Gatot Subroto, ada sekitar 200 gedung perkantoran. Sedang di daerah Non-CBD setidaknya ada 400 office building.

Sedangkan untuk daerah Pluit , Muara Karang, PIK dapat ditemukan The Honey Lady Building yang telah beroperasi bersamaan dengan Emporium Mall Pluit. Rental Office Jakarta di komplek ini sungguh ideal untuk warga daerah tersebut karena aksesnya yang langsung ke tol / Bandara Soekarno Hatta.

Rental Office Jakarta bisa disini | The HoneyLady Building