Meski Krisis, Penyerapan Ruang Ritel Justru Tinggi

Di tengah hempasan krisis ekonomi global, tingkat penyerapan ruang ritel di Jakarta pada kuartal ini mencatat penyerapan tertinggi sepanjang 3 tahun terakhir, sebesar 83.700 meter persegi di kawasan Central Business District (CBD).

Tingginya tingkat pernyerapan ini terjadi karena mulai beroperasinya penyewa-penyewa utama, semiutama, maupun besar di pusat-pusat perbelanjaan yang baru dibuka. Pusat perbelanjaan itu adalah Pejaten Village, Blok M Square, Koja Trade Mall, Emporium Pluit Mall, dan Perluasan Plaza Indonesia.

Demikian diungkap Kepala Departemen Riset Sektor Retail Konsultan Properti Cushman&Wakefield Soany Gunawan di Jakarta, Selasa (21/4). “Untuk new supply pada kuartal pertama tahun 2009 sebesar 102,300 sqm,” kata Soany.

Namun, lanjutnya, untuk tingkat hunian rata-rata pasar pusat perbelanjaan di Jakarta menurun 0,4 persen menjadi 76,9 persen sehingga menyisakan sekitar 739.900 meter persegi ruang ritel yang kosong pada akhir Maret 2009.

Lebih lanjut ia mengatakan, berdasarkan subsektor, tingkat hunian pada pusat perbelanjaan sewa turun sebesar 1,5 persen dari angka kuartal lalu menjadi 83,1 persen dan tingkat hunian pusat perbelanjaan strata-title turun 0,7 persen menjadi 64,0 persen pada akhir Maret 2009.

Menurut Kepala Departemen Marketing Sektor Retail Cushman&Wakefield Lini Djafar, harga sewa rata-rata ruang ritel di Jakarta adalah Rp 627.700 per meter persegi per bulan. “Harga ini untuk toko-toko speciality di lokasi-lokasi premium di lantai dasar. Service charge berkisar antara 9,00 dollar AS sampai 14,50 dollar AS per meter persegi per bulan. Nilai tukar yang diterapkan yaitu sebesar Rp 7.000-Rp 9.000 per dollar AS,” ungkap Lini.

Sedangkan untuk prospek ke depan, penyerapan ruang ritel akan banyak tawaran menarik. Lini menyebutkan, beberapa tawaran itu seperti pemberian insentif bisnis dalam bentuk promosi atau acara yang diberikan kepada para penyewa. “Penawaran gratis harga sewa selama masa soft-opening juga akan menjadi praktik yang umum, untuk mencapai tingkat hunian yang baik pada saat soft-opening suatu pusat perbelanjaan,” pungkas Lini.

Sedangkan jika anda tinggal di PIK, Muara Karang, Pluit, Pantai Muara, Regata Apartment telah dilengkapi daerah tersebut dengan kehadiran The Honey Lady Building yang bisa memenuhi kebutuhan anda akan kantor / sewa perkantoran di Jakarta Utara. Lokasi The Honey Lady Buidling berada satu komplek di Emporium Pluit Mall merupakan lokasi yang ideal sebagai pusat bisnis dan siap melayani kebutuhan Anda dalam Rental Office Jakarta